Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini cara Melakukan Zip dan Unzip file di ponsel Android

Begini cara Melakukan Zip dan Unzip file di ponsel Android ,- Secara umum Anda tidak dapat memadatkan file di ponsel Android atau membuka file zip pada mereka karena aplikasi file manager stok mungkin tidak dilengkapi dengan kompresi file dan dukungan dekompresi. Anda memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan itu. ES File Manager adalah aplikasi Android hebat yang dapat Anda unduh dan gunakan secara gratis. Ini sangat memperluas kemungkinan ponsel Anda.  Hari ini kita akan menggunakan alat yang sama untuk memposting file dan meng-unzip file di ponsel Android. Anda akan dapat menggunakannya untuk memadatkan atau mengekstrak file pada berbagai smartphone seperti Samsung, Motorola, Nexus, Lenovo, LG, Sony, HTC, ZTE, Huawei, Xiaomi, dan banyak lainnya.

Begini cara Zip file di ponsel Android?

Anda dapat mengunduh ES File Explorer dari Google Play Store sebelum melanjutkan dengan langkah-langkah berikut. Jalankan file manager untuk Android di smartphone Anda. Jelajahi file, data, atau dokumen yang Anda suka untuk mengompres atau zip.
Begini cara Melakukan Zip dan Unzip file di ponsel Android
Tekan lama file untuk memilih satu atau beberapa file yang Anda sukai untuk dikompres, lalu sentuh tombol tiga titik untuk menampilkan menu drop-down seperti yang ditunjukkan pada tangkapan layar di atas pada Android. Anda dapat melihat menu yang sangat panjang dengan banyak opsi, seperti menyalin file, memindahkan file, mengirim file, memilih file, mengenkripsi file, dan sebagainya. Pilih item Kompres dari menu di atas. Anda kemudian akan memunculkan jendela seperti ini.
Begini cara Melakukan Zip dan Unzip file di ponsel Android
Penampil ES Zip muncul. Di sini Anda dapat mengubah nama file yang dikompresi, pilih format file kompresi, zip, 7z atau gz, pilih tingkat kompres, secara opsional mengatur kata sandi untuk melindungi file terkompresi Anda jika Anda memiliki informasi sensitif atau data yang disertakan. Sentuh tombol OK, file yang Anda pilih akan di-zip atau dikompresi pada ponsel Android.

Begini cara Unzip file di ponsel Android?

Apakah Anda ingin membuka file zip di Android? Terkadang Anda mungkin menerima file zip atau file RAR melalui email atau aplikasi IM seperti WeChat, Skype, WhatsApp, dalam hal ini, Anda juga dapat menggunakan pengelola file ES untuk membuka file zip atau membaca file zip di ponsel Android. Jalankan file manager untuk Android, pilih dan tempatkan ke folder tempat Anda menyimpan file zip atau RAR.
Begini cara Melakukan Zip dan Unzip file di ponsel Android

Baca Juga:

Sekali lagi tekan lama untuk memilih file yang dikompresi di file manager, lalu sentuh tombol tiga titik dari sudut kanan atas untuk membuka opsi file dan pilih Extract to option. Anda kemudian akan diminta untuk memilih folder pada penyimpanan ponsel Anda untuk menyimpan file yang diekstrak. Anda juga dapat menyalin atau memindahkan file ZIP atau RAR ke folder target terlebih dahulu, lalu dekompresi atau ekstrak mereka. 

Sekarang Anda tahu trik untuk membuka file zip, melihat dan membaca file zip di ponsel Android. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan tinggalkan pesan di bagian komentar di bawah ini.

Post a Comment for "Begini cara Melakukan Zip dan Unzip file di ponsel Android"